Master Chin
Kung Membahas : Mengapa Tidak Boleh Membakar Petasan?
Dipetik
dari Tanya Jawab edisi 192 (11/4/2008)
Pertanyaan :
Berbagai senjata yang diciptakan
manusia, petasan dan sebagainya, apakah juga akan melukai para makhluk dari
dunia dimensi lainnya? Karena ketika
petasan diledakkan sejenak ada orang yang melihat banyak makhluk yang berlumuran
darah karena terkena ledakan, suara yang didengar manusia adalah suara ledakan
petasan, maka itu mereka tidak mendengar suara jeritan kesakitan para makhluk, suara
yang memohon pertolongan. Apakah ada cara untuk menghentikan produksi petasan,
ketika ada perayaan, manusia melewatinya dengan kegembiraan, namun banyak
makhluk halus harus merasakan siksaan, mereka sedang berteriak minta tolong, agar
ada orang yang menyelamatkan mereka. Apakah para produsen petasan ini juga akan
mendapat akibat karma yang serupa dengan produsen senjata api?
Master Chin Kung menjawab :
Pertanyaan ini jika tidak ada yang
mengajukan, sungguh kita semuanya telah melalaikannya. Ucapan dia beralasan
atau tidak? Ada benarnya. Kita tidak memahami kondisi para makhluk yang berbeda
dimensi dengan kita, orang yang memiliki mata dewa dapat melihat dan
mendengarnya, memahami keadaan yang sesungguhnya. Di dalam sila Ajaran Buddha
telah banyak dijelaskan, pada malam hari ketika makan dan minum harus
berhati-hati, jangan sampai suara mangkok sumpit kedengaran, mengapa? Karena para makhluk alam setan kelaparan yang
mendengar suara ini jadi amat bersedih hati, karena dalam siksaan rasa lapar dan
haus mereka tidak bisa makan dan minum. Ini di dalam sila, para guru sesepuh
telah mengungkapkan dengan sangat jelas, dapat dengan segera turut memikirkan
kepentingan makhluk lain. Misalnya ketika masuk ke kamar kecil, di dalam sila
diungkapkan mengapa harus memetik jari tiga kali, mengetuk pintu? Karena ada
makhluk di dalamnya, ketika kita hendak menggunakan kamar kecil, mengetuk pintu
adalah pemberitahuan agar dia segera pergi, daripada kita tiba-tiba membuka
pintu dan dia terkejut. Terkadang ketika kondisi batin kita sedang lemah, kita
juga bisa terkejut dan panik, ini adalah berbenturan dengannya. Pepatah
mengatakan “Manusia takut pada setan sebanyak tiga bagian, sedangkan setan
takut pada manusia sebanyak tujuh bagian”, hantu lebih takut pada manusia
daripada manusia takut pada hantu. Bagaimana menjalin toleransi, bagaimana
saling menghormati, ini termasuk kebajikan. Maka itu setiap
saat harus mawas diri.
Jika
menurut anda bagaimana harus menghentikan produksi petasan, yang dianggap
produsennya sebagai bisnis yang paling menguntungkan, kami tidak berdaya, saat
kini negara saja tidak mampu menghentikannya, harus menggunakan cara apa? Hanya
dengan menceramahkan Buddha Dharma, agar sebagian masyarakat dapat mendengar
Buddha Dharma dan menyadari bahwa memproduksi petasan adalah kesalahan,
kemudian dapat mengalihkan bisnisnya ke bidang yang halal, serta melakukan
pertobatan. Umat Buddha seharusnya menjadi teladan. Masyarakat dalam merayakan
Imlek dan hari besar lainnya, sembahyang leluhur dan dewa, selalu membakar
petasan. Menurut tradisi mereka percaya bahwa petasan adalah penghormatan
kepada dewa, tidak menyadari sesungguhnya suara yang mereka dengar adalah
seperti suara peperangan, dan menimbulkan ketakutan yang mencekam. Maka itu di
dalam Agama Buddha ada genta dan gendang, tidak ada petasan, namun di dalam
tradisi masyarakat Tionghua ada petasan. Setelah kita memahami hal ini, marilah
kita memulainya dari vihara kita, dengan tidak membakar petasan. Jika ada yang
bertanya maka sebarkan artikel ini kepadanya, mengapa tidak membakar petasan.
净空法师谈:为什么不可以放鞭炮?
摘自净空法师的讲解 - 学佛释疑192 (11/4/2008)
問:請問人間所製造的武器、鞭炮等等,是否也會嚴重傷害其他不同維次空間的眾生?因為有人見到在鞭炮一響的一剎那,有很多眾生被炸的血肉模糊,人們聽到的聲音是炮聲,可見他們聽不到眾生的慘叫聲、救命聲。能不能用什麼辦法不再製造鞭炮殺手,過節時人們都在高興慶祝,可是無形的眾生害得太多,都在喊救命,希望有人救他們。若是,這些製造鞭炮的人,是否也有背負製造武器的同等因果?
答:這個話要沒有人提出來,確實我們大家都疏忽。他講的話有沒有道理?有道理。我們不了解不同維次空間眾生的狀況,得有天眼通的人知道,他們看見,他們聽見,他們接觸到了,了解這些實際狀況。在佛門戒律儀規裡面這些事情講得很多,晚上吃東西、喝茶要小心,不要讓這個碗筷有聲音,為什麼?餓鬼道的眾生聽到這個聲音難過,他們在飢餓當中得不到飲食,聽到碗筷這個聲音的時候,他就非常難過。這在戒律裡頭,祖師大德們講得很清楚,能夠時時刻刻為眾生著想。譬如進入洗手間,戒律上有,為什麼三彈指,敲敲門?有眾生在裡面,我們要用洗手間,敲門通知他離開,免得我們門突然一打開,他會嚇一跳。有些時候,我們自己磁場要是弱的話,我們有時候也會嚇一跳,感覺得一驚,那就是什麼?相撞了,跟他相撞了。諺語所謂「人有三分怕鬼,鬼有七分怕人」,鬼怕人比人怕鬼還要嚴重。如何保持和諧,如何保持著互相尊重,這都屬於性德。所以時時刻刻要小心,要謹慎。
那你要說現在製造武器的人,製造鞭炮,這都是他們認為這是最賺錢的生意,我們沒有法子禁止,現在國家都不能禁止,用什麼方法?只有弘揚佛法,讓一般社會大眾都能聽到佛法所講的這些理論與事實真相。他們聽了之後,就知道這個事情做錯了,趕快改行,懺除業障,這就對了。學佛的同學,要認真去做,要做出樣子給別人看。逢年過節,祭祀祖先、敬神,都免不了鞭炮。在民間認為這個鞭炮是禮炮,是對神明的致敬,不知道他們聽到的時候像戰爭,生恐怖。所以佛門裡面有鐘鼓,而沒有鞭炮,但中國習俗有鞭炮。我們明白的時候,從我們自己道場做起,我們這個道場不放鞭炮。有人要問,把這個道理講清楚,或者寫成短篇的文字,發給他們,為什麼不放鞭炮。
問:請問人間所製造的武器、鞭炮等等,是否也會嚴重傷害其他不同維次空間的眾生?因為有人見到在鞭炮一響的一剎那,有很多眾生被炸的血肉模糊,人們聽到的聲音是炮聲,可見他們聽不到眾生的慘叫聲、救命聲。能不能用什麼辦法不再製造鞭炮殺手,過節時人們都在高興慶祝,可是無形的眾生害得太多,都在喊救命,希望有人救他們。若是,這些製造鞭炮的人,是否也有背負製造武器的同等因果?
答:這個話要沒有人提出來,確實我們大家都疏忽。他講的話有沒有道理?有道理。我們不了解不同維次空間眾生的狀況,得有天眼通的人知道,他們看見,他們聽見,他們接觸到了,了解這些實際狀況。在佛門戒律儀規裡面這些事情講得很多,晚上吃東西、喝茶要小心,不要讓這個碗筷有聲音,為什麼?餓鬼道的眾生聽到這個聲音難過,他們在飢餓當中得不到飲食,聽到碗筷這個聲音的時候,他就非常難過。這在戒律裡頭,祖師大德們講得很清楚,能夠時時刻刻為眾生著想。譬如進入洗手間,戒律上有,為什麼三彈指,敲敲門?有眾生在裡面,我們要用洗手間,敲門通知他離開,免得我們門突然一打開,他會嚇一跳。有些時候,我們自己磁場要是弱的話,我們有時候也會嚇一跳,感覺得一驚,那就是什麼?相撞了,跟他相撞了。諺語所謂「人有三分怕鬼,鬼有七分怕人」,鬼怕人比人怕鬼還要嚴重。如何保持和諧,如何保持著互相尊重,這都屬於性德。所以時時刻刻要小心,要謹慎。
那你要說現在製造武器的人,製造鞭炮,這都是他們認為這是最賺錢的生意,我們沒有法子禁止,現在國家都不能禁止,用什麼方法?只有弘揚佛法,讓一般社會大眾都能聽到佛法所講的這些理論與事實真相。他們聽了之後,就知道這個事情做錯了,趕快改行,懺除業障,這就對了。學佛的同學,要認真去做,要做出樣子給別人看。逢年過節,祭祀祖先、敬神,都免不了鞭炮。在民間認為這個鞭炮是禮炮,是對神明的致敬,不知道他們聽到的時候像戰爭,生恐怖。所以佛門裡面有鐘鼓,而沒有鞭炮,但中國習俗有鞭炮。我們明白的時候,從我們自己道場做起,我們這個道場不放鞭炮。有人要問,把這個道理講清楚,或者寫成短篇的文字,發給他們,為什麼不放鞭炮。